TRUSTED SHIPPING COMPANY

AGEN KAPAL



                                                                                                             Nb : Gambar di olah dari berbagai sumber

PERUSAHAAN PELAYARAN

Pengertian   Perusahaan   Perkapalan   terdapat   dalam   pasal   323 sampai 340f KUHD, ada 24 buah pasal. Perusahaan Pelayaran (Rederij) adalah suatu badan yang menjalankan perusahaan dengan cara mengoperasikan  kapal  atau  usaha  lain  yang erat hubungannya  dengan kapal. 
1). Syarat Perusahaan Pelayaran
Dalam  Pasal  15  Peraturan  Pemerintah  Nomor  2  tahun  1969 tentang  Perhubungan  laut  yang  berisi  ketentuan  mengenai  perusahaan pelayaran harus memenuhi syarat-syarat:
 merupakan perusahaan pelayaran milik negara.
merupakan  perusahaan  milik  pemerintah  daerah  sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku.
merupakan badan hukum berbentuk perseroan terbatas.
. memiliki  satuan-satuan  kapal  lebih  dari  satu  unit  dengan jumlah  minimal  3.000  m3  isi  kotor  dengan  memperhatikan syarat-syarat teknis/nautus perhitungan untung rugi.
 tersedianya modal kerja yang cukup untuk kelancaran usaha
. melaksanakan kebijaksanaan angkutan laut nusantara
Bila  persyaratan  sebagaimana  tersebut  diatas  sudah  dipenuhi, maka perusahaan pelayaran dikenai kewajiban-kewajiban antara lain:
melaksanakan   ketentuan   yang   ditetapkan   dalam   surat perjanjian.
 mengumumkan kepada umum mengenai peraturan perjanjian kapal, tarif dan syarat-syarat pengangkutan.
menerima pengangkutan penumpang, barang, hewan, dan pos satu dan yang lain sesuai dengan persyaratan teknis kapal.
memberikan  prioritas  kepada  pengangkutan  barang-barang sandang pangan lain sesuai dengan persyaratan teknis bahan- bahan industri dan eksport.
 memberitahukan  kepada  pejabat  yang  ditunjuk  oleh  menteri Perhubungan, tarif pengangkutan  yang dipergunakan, manifest dan keanggotaan Conference atau bentuk kerjasama lainnya. Dan lain-lain. 
2). Jenis-jenis Pelayaran
Menurut  Pasal  5  Peraturan  Pemerintah  Nomor  2  Tahun  1969, jenis-jenis pelayaran dibagi dalam 3 kelompok, antara lain:
(1). Pelayaran dalam negeri
a. Pelayaran  nusantara,  yaitu  pelayaran  antar  pulau  antar pelabuhan Indonesia tanpa memandang jurusan.
b. Pelayaran lokal atau pelayaran jurusan tetap, yaitu bertugas menunjang kegiatan pelayaran nusantara dan pelayaran luar negeri, dengan menggunakan kapal-kapal di bawah tonase
175 BRT.
c. Pelayaran   rakyat,   yaitu   pelayaran   nusantara   dengan menggunakan perahu layar tradisional
d. Pelayaran penundaan laut, yaitu pelayaran nusantara dengan menggunakan  tongkang-tongkang  yang  ditarik  oleh  kapal- kapal tunda (tugboat).
(2). Pelayaran luar negeri
a. Pelayaran  samudra  dekat,  yaitu  pelayaran  ke  pelabuhan- pelabuhan  negara  tetangga  yang  tidak  lebih  dari  3000  mil laut  dari  pelabuhan  terluar  Indonesia  (tanpa  memandang jurusan).
b. Pelayaran samudra, yaitu pelayaran dari dan ke luar negeri yang bukan pelayaran samudra dekat.
(3). Pelayaran  khusus,  yaitu  merupakan  pelayaran  dalam  dan  luar negeri  dengan  menggunakan  kapal-kapal  pengangkut  khusus untuk  pengangkutan  hasil  industri,  pertambangan  dan  hasil- hasil  usaha  lainnya  yang  bersifat  khusus.  Misalnya:  minyak bumi, batu bara.
Nahkoda
Ketentuan Pasal 341 dan Pasal 377 KUHD menyebutkan bahwa nahkoda adalah Pemimpin kapal, yaitu seorang tenaga kerja yang telah menandatangani   perjanjian   kerja   laut   dengan   perusahaan   pelayaran sebagai nahkoda, yang memenuhi syarat dan tercantum dalam sijil anak buah       kapal       sebagai     nahkoda             ditandatangani     dengan         mutasi  dari perusahaan   dan   pencantuman   namanya   dalam   surat   laut.   (Djoko Triyanto,   2005:32).   Dalam   menjalankan   tugasnya   sehari-hari   diatas kapal mempunyai jabatan penting:
1). Nahkoda sebagai Pemimpin kapal
Tugasnya selaku pemimpin kapal, mengandung arti nahkoda merupakan  pemimpin  tertinggi  dalam  mengelola,  melayarkan  dan mengarahkan kapal tersebut. Demikian pula, setiap anak buah kapal akan  turun  ke  darat  bila  kapal  sedang  berlabuh,  maka  ia  harus meminta  ijin  lebih  dahulu  kepada  nahkoda,  dan  jika  ijin  tersebut ditolaknya,  maka  nahkoda  harus  menulis  dalam  buku  harian  kapal dengan  alasan  yang  cukup  sebagaimana  ditentukan  pada  pasal  385 KUHD.  Selain  itu  nahkoda  harus  melayarkan  kapalnya  dari  suatu tempat  ke  tempat  lain  dengan  aman,  tepat  waktu,  praktis,  dan selamat.
2). Nahkoda sebagai pemegang kewibawaan umum
· kewibawaan  terhadap  semua  pelayar,  artinya  :  semua orang  yang  berada  di  kapal,  wajib  menuruti  perintah- perintah   nahkoda   guna   kepentingan   keselamatan   atau ketertiban umum.
· kewibawaan  disiplin  terhadap  anak  buah  kapal,  artinya  :
para awak kapal berada dibawah perintah nahkoda.
3). Nahkoda sebagai jaksa atau abdi hukum.
Di  tengah  laut  nahkoda  wajib  menyelidiki  atau  mengusut kejahatan yang terjadi di dalam kapalnya :
· mengumpulkan  bahan-bahan  mengenai  peristiwa  yang terjadi.
· menyita barang-barang yang dipakai dalam peristiwa itu
· mendengar  para  tertuduh  dan  saksi  dan  membuat  berita acara keterangannya. 
· mengambil     tindakan    terhadap     tertuduh,    menurut kebutuhan.       Misal:  mengasingkannya  ( menutup )  di dalam kamar tutupan.
· menyerahkan   tertuduh   dengan   bahan-bahannya   kepada Pengadilan negeri di pelabuhan pertama yang disinggahi. Nahkoda wajib pula mencatat peristiwanya dan tindakan- tindakan yang telah diambilnya di dalam daftar hukuman. 
4). Nahkoda sebagai pegawai catatan sipil
Apabila  selama  dalam  pelayaran  ada  seseorang  anak  lahir atau seseorang meninggal di kapal, nahkoda harus membuatkan akta- akta pencatatan sipil yang bersangkutan di dalam buku harian kapal.
a.  Pada kelahiran
Apabila ada seorang anak lahir, nahkoda harus membuat akta kelahiran di dalam buku harian kapal, dalam waktu 24 jam, dengan dihadiri oleh si ayah dan dua orang saksi. b.  Pada Kematian Apabila ada seorang meninggal dunia di kapal, nahkoda harus  membuat  akta  kematian  juga  dalam waktu  24  jam dengan  dihadiri  pula  oleh  dua  orang  saksi.  Sebab-sebab kematian   tidak   boleh  disebut  dalam   akta   itu,   tetapi nahkoda  wajib  mencatat  di  dalam  buku  hariannya.  Jika ada  seseorang yang  jatuh  di  laut  maka  nahkoda  tidak selalu   membuat   akta   kematian,   berhubungan  dengan kemungkinan  si  korban  akan  mencapai  kapal  lain  atau daratan.  Dalam  hal  sebaliknya, nahkoda  harus  membuat akta tersebut serta menyebutkannya dengan jelas di dalam buku  harian  kapal,  mengenai  tempat  dimana  kecelakaan itu  terjadi,  keadaan  cuaca,  berapa  lama  telah  dicari,  ada kapal lain di dekatnya, dan sebagainya.
5). Nahkoda sebagai notaris
Dalam pasal 947, 950 dan 952 Kitab Undang-undang Hukum Perdata (KUHPerdata) menyebutkan bahwa, bilamana nahkoda dapat bertindak sebagai notaris dalam pembuatan surat wasiat seseorang di atas kapal. Surat warisan itu kemudian ditandatangani oleh pewaris yang ada, nahkoda dan dua orang saksi. Pembuatan  surat  wasiat  tersebut  didasarkan  atas  keadaan yang   tidak   dimungkinkan   si   pewaris   menemui   pejabat   yang berwenang.Surat  wasiat  hanyalah  berlaku  sementara  waktu  saja,  sebab apabila  si  pewaris  itu  meninggal  dunia  lebih  dari  6  bulan  setelah pembuatan surat wasiat itu, maka surat itu tidak berlaku lagi.
Pengusaha Kapal
Pengusaha  kapal  (Reder)  adalah  seseorang  yang  mengusahakan kapal  untuk  pelayaran  di  laut  dengan  melakukan  sendiri  pelayaran  itu, ataupun  menyuruh  melakukannya  oleh  seorang  nahkoda  yang  bekerja padanya.   (Pasal   320   Kitab   Undang-undang   Hukum   Dagang).   Pada lazimnya  seorang  pengusaha  dalam  menjalankan  usahanya  mempunyai tujuan untuk mencari keuntungan yang sebesar-besarnnya dengan biaya dan  tenaga  atau  modal  yang  sekecil-kecilnya.  Dalam  praktik  sering terjadi pemilik kapal menyewakan kapalnya pada orang lain yang akan bertindak sebagai pengusaha kapal, atau dapat juga menjalankan sendiri kapalnya dan ia bertindak sebagai nahkoda.
Awak kapal (Anak Buah Kapal)
Anak buah kapal adalah semua orang yang berada dan bekerja di kapal  kecuali  nahkoda,  baik  sebagai  perwira  ,  bawahan  (kelasi)  atau supercargo   yang   tercantum  dalam   sijil   anak   buah   kapal   dan   telah menandatangani perjanjian kerja laut dengan perusahaan pelayaran.
Adapun  syarat-syarat  wajib  yang  harus  dipenuhi  untuk  dapat bekerja  sebagai  anak  buah  kapal  sesuai  dengan  Pasal  17  Peraturan Pemerintah Nomor 7 Tahun 2000 tentang Kepelautan, antara lain:
· memiliki   sertifikat   keahlian   pelaut   dan/   atau   sertifikat keterampilan  pelaut.
· berumur sekurang-kurangnya 18 tahun
· sehat  jasmani  dan  rohani  berdasarkan  hasil  pemeriksaan kesehatan yang khusus dilakukan untuk itu.
· di sijil

Tugas & Tanggung Jawab Agen Pelayaran

Sebuah agen kapal pelayaran adalah sebutan untuk orang atau badan yang bertanggung jawab untuk menangani pengiriman dan kargo di pelabuhan dan pelabuhan di seluruh dunia atas nama perusahaan pelayaran . Di beberapa bagian dunia , agen ini disebut sebagai agen atau calo pelabuhan kargo. Agen pelayaran akan cepat dan efisien mengurus semua tugas-tugas rutin dari perusahaan pelayaran . Mereka memastikan bahwa persediaan penting , transfer awak , dokumentasi bea cukai dan limbah deklarasi semua diatur dengan otoritas pelabuhan tanpa penundaan . Cukup sering , mereka juga menyediakan perusahaan pelayaran dengan update dan laporan kegiatan di pelabuhan tujuan sehingga perusahaan pelayaran harus up-to - menit informasi yang tersedia bagi mereka setiap saat , sementara barang dalam transit .

Agen pelayaran merujuk pada hubungan antara pemilik kapal, pengirim barang dan perwakilannya , dimana pemilik kapal, secara tersurat maupun tersirat memberi kewenangan agen untuk bekerja di bawah kekuasaannya dan atas namanya. Tanggung jawab / kompetensi serta remunerasi agen dapat secara eksplisit menandatangani kontrak yang telah disepakati antara dirinya dan pemilik kapal.

Tugas agen pelayaran juga dapat bervariasi. Misalnya, sebagai broker kargo dan menginformasikan pengirim dan penerima barang ketika akan bongkar muat akan dimulai . Dia akan menyusun daftar permintaan sesuai dengan pemesanan yang masuk dan memastikan bahwa departemen manifest mengumpulkan dokumen pengiriman (izin pengiriman, bill of lading) yang diperlukan untuk memulai operasi bongkar muat . Dokumen yang dikumpulkan juga dibandingkan dengan daftar permintaaan.

Tanggung jawab agen pengiriman meliputi :

Memastikan dermaga untuk kapal masuk
Mengatur pilot dan kapal tunda jika perlu
Menyusun dokumen untuk bea cukai dan jasa pelabuhan
Membantu master dalam membuat kontak yang diperlukan dengan otoritas lokal dan otoritas pelabuhan
Mengatur kapal yang diperlukan seperti air tawar dan kebutuhan kapal lainnya
Mengatur dokter diperlukan untuk kru bantuan medis
Mengatur bunker penyimpanan jika ini diperlukan
Mengatur perbaikan yang diperlukan
Menyampaikan instruksi ke dan dari pemilik kapal
Mengorganisir pasokan , transportasi dan penanganan barang
Mengorganisir kontak yang diperlukan dengan stevedores
Mengumpulkan kargo dan sewanya jika di perlukan
Menghubungi pengirim dan penerima barang

Dalam kasus kerusakan pada kargo atau kapal , agen pelayaran juga membuat pengaturan yang diperlukan (atas permintaan master kapal atau pemilik kapal) dengan perusahaan asuransi, dan untuk inspeksi bahari dan jasa ahli atau surveyor, dll.

Tugas-tugas tertentu dari agen pelayaran meliputi:

Menyediakan informasi yang diperlukan mengenai tarif angkut dan penerbitan daftar berlayar
Mencari kargo melalui pemberitahuan dan daftar berlayar
Pemesanan kargo dan akhir masa perjanjian
Menyusun, memulai dan memberikan dokumen yang diperlukan (daftar pemesanan, izin pengiriman, perintah pengiriman) terkait dengan kargo
Menghubungi pihak pengirim barang/ forwarder berkaitan dengan pengiriman barang
Memenuhi formalitas yang diperlukan mengenai pengiriman dan penerimaan barang (syahbandar, pabean dsb)
Pembenahan klaim kargo dengan perusahaan asuransi
 
Untuk selengkapnya bisa segera hubungi kami di :

Contact
: Firmansyah 0812 3002 2829
Email     : ptarmadanusantara@yahoo.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar